Jumat, 26 Oktober 2012

Membuat Garis Horizontal, Vertikal dan Diagonal dengan openGL

Ini merupakan pertama kalinya saya mendapatkan tugas untuk membuat tulisan tentang pembuatan grafik sederhana seperti garis vertikal, horizontal,dan digonal dengan menggunakan opengl. Pada dasarnya opengl merupakan sebuah library portable jadi kita bebas untuk menggunakan bahasa pemrograman apa saja. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Yang kita gunakan kali ini adalah GLUT (OpenGL Utility Toolkit). GLUT dipilih karena di dalamnya telah terdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatan application window. Disamping itu, windowing pada GLUT juga bersifat independen terhadap sistem operasi, sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk mengubah kode program jika diterapkan pada sistem operasi yang berbeda.Dalam pembuatan main program saya menggunakan bahasa pemrograman C dan menggunakan OS linux. Sebelum menulis program instal terlebih dahulu semua pustaka yang dibutuhkan.. Buka terminal kalian lalu ketik perintah dibawah ini :

root@bt:~# apt-get install freeglut3 freeglut3-dev libglew1.5 libglew1.5-dev libglu1-mesa libglu1-mesa-dev libgl1-mesa-glx libgl1-mesa-dev

Pertama kita akan membuat garis horizontal terlebih dahulu buka editor kesayanag kalian seperti gedit, vi, nano atau apalah terserah, ketik code program dibawah ini :


// Penggunaan Library GLUT //
#include <GL/glut.h>

// Function horozontal //
void garis(void) {
   
    // Memebersihakan layar sebeleum pembentukan grafik
    glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
    glBegin(GL_LINES);

    //<<Garis Horizontal>>//
    glVertex2f (0.9, -0.0);
    glVertex2f (-0.9, 0.0);
   
    glEnd();
    glFlush();
}

// Fungsi main utama sebagai pembetuk jendela form
int main(int argc, char **argv) {
    glutInit(&argc, argv);
    glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA); // membuat nilai display secara default
    glutInitWindowPosition(500,500); // menentukan posisi window saat tampil pertama
    glutInitWindowSize(300,300); // menentukan size atau ukuran dari window
    glutCreateWindow(argv[0]);
    glutDisplayFunc(garis); // pemanggilan fungsi horizontal
    glutMainLoop();
}

setelah itu buka terminal untuk mengcompile, ketik perintah berikut :

root@bt:~# gcc -lglut nama_program.c -o nama_program

jalan kan program :

root@bt:~# ./nama_program


Hasil  program :


Untuk membut garis vertikal dan diagonal, ganti codingan pada pembentukan garis difunction garis.

Garis Vertikal :

//<<Garis Vertikal>>//
glVertex2f (0.0, -0.9);
glVertex2f (-0.0, 0.9);
/////////////////////////////////




Garis Diagonal :

//<<Garis Diagonal>>//
glVertex2f (-0.9, 0.9);
glVertex2f (-0.0, -0.0);
///////////////////////////////////



Tidak ada komentar:

Posting Komentar