Ini merupakan pertama kalinya saya mendapatkan tugas untuk membuat tulisan tentang pembuatan grafik sederhana seperti garis vertikal, horizontal,dan digonal dengan menggunakan opengl. Pada dasarnya opengl merupakan sebuah library portable jadi kita bebas untuk menggunakan bahasa pemrograman apa saja. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Yang kita gunakan kali ini adalah GLUT (OpenGL Utility Toolkit). GLUT dipilih karena di dalamnya telah terdapat banyak fungsi yang dapat dipakai untuk pembuatan application window. Disamping itu, windowing pada GLUT juga bersifat independen terhadap sistem operasi, sehingga kita tidak perlu repot-repot untuk mengubah kode program jika diterapkan pada sistem operasi yang berbeda.Dalam pembuatan main program saya menggunakan bahasa pemrograman C dan menggunakan OS linux. Sebelum menulis program instal terlebih dahulu semua pustaka yang dibutuhkan.. Buka terminal kalian lalu ketik perintah dibawah ini :
root@bt:~# apt-get install freeglut3 freeglut3-dev libglew1.5 libglew1.5-dev libglu1-mesa libglu1-mesa-dev libgl1-mesa-glx libgl1-mesa-dev
Pertama kita akan membuat garis horizontal terlebih dahulu buka editor kesayanag kalian seperti gedit, vi, nano atau apalah terserah, ketik code program dibawah ini :
// Penggunaan Library GLUT //
#include <GL/glut.h>
// Function horozontal //
void garis(void) {
// Memebersihakan layar sebeleum pembentukan grafik
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
//<<Garis Horizontal>>//
glVertex2f (0.9, -0.0);
glVertex2f (-0.9, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
// Fungsi main utama sebagai pembetuk jendela form
int main(int argc, char **argv) {
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA); // membuat nilai display secara default
glutInitWindowPosition(500,500); // menentukan posisi window saat tampil pertama
glutInitWindowSize(300,300); // menentukan size atau ukuran dari window
glutCreateWindow(argv[0]);
glutDisplayFunc(garis); // pemanggilan fungsi horizontal
glutMainLoop();
}
// Penggunaan Library GLUT //
#include <GL/glut.h>
// Function horozontal //
void garis(void) {
// Memebersihakan layar sebeleum pembentukan grafik
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINES);
//<<Garis Horizontal>>//
glVertex2f (0.9, -0.0);
glVertex2f (-0.9, 0.0);
glEnd();
glFlush();
}
// Fungsi main utama sebagai pembetuk jendela form
int main(int argc, char **argv) {
glutInit(&argc, argv);
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA); // membuat nilai display secara default
glutInitWindowPosition(500,500); // menentukan posisi window saat tampil pertama
glutInitWindowSize(300,300); // menentukan size atau ukuran dari window
glutCreateWindow(argv[0]);
glutDisplayFunc(garis); // pemanggilan fungsi horizontal
glutMainLoop();
}
setelah itu buka terminal untuk mengcompile, ketik perintah berikut :
root@bt:~# gcc -lglut nama_program.c -o nama_program
jalan kan program :
root@bt:~# ./nama_program
root@bt:~# gcc -lglut nama_program.c -o nama_program
jalan kan program :
root@bt:~# ./nama_program
Untuk membut garis vertikal dan diagonal, ganti codingan pada pembentukan garis difunction garis.
Garis Vertikal :
//<<Garis Vertikal>>//
glVertex2f (0.0, -0.9);
glVertex2f (-0.0, 0.9);
/////////////////////////////////
Garis Vertikal :
//<<Garis Vertikal>>//
glVertex2f (0.0, -0.9);
glVertex2f (-0.0, 0.9);
/////////////////////////////////
Tidak ada komentar:
Posting Komentar