Selasa, 19 Oktober 2010

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pada dasarnya manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa tumbuh berkembang,bekerja,dan lain sebagainya sendirian karena itulah manusia di sebut mahkluk sosial. Namun dilain sisi kebanyakan manusia ada yang memiliki sifat individual yang terkadang sangat mempengaruhi perkembangan dalam masyarakat.karena semakin banyak manusia yag memiliki sifat indiviu akan semakin mempengaruhi perkembangan budaya sosial masyarakat dilingkungannya sendiri.

Dan dengan sifat individu tersebut juga sangat mempengaruhi perkembangan mental dalamdirinya, namun ada dilain sisi sifat indiviu juga memiliki nilai positif, yaitu untuk membantu seseorang lebih mandiri agar menjadi kepribadian yang lebih baik.Karena dengan bersifat indivu juga ada baiknya juga untuk belajar mendapatkan kepribadian yang baik, namum bagaimanapun juga setiap manusia pasti memiliki sifat sosial dan individu.

Sifat sosial adalah sifat saling memahami dimana saling membantu dan peduli sesama satu atau sekelompok oran di sekitarnya. Agar bisa memiliki sifat sosial yang baik semuanya harus di awali dari dalam rumah atau keluarga. Karena keluarga adalah sekumpulan kelompok kecil orang yang menempati suatu tempat atau suau tempat yang di huni lebih dari satu individu. Dari keluargalah kita kan belajar apa itu sosial, yaitu cara menghargai satu dnegan yang lain, yang tua menghargai yang muda yang muda menghormati yang tua.  Dengan begitu akan timbul rasa sosial akan datang dengan sendirinnya apabila seseorang telah mencoba untuk mengorganisasikan atau membaur dalam suatu masyrakat.

Jadi kesimpulannya setiap orang memiliki sifat individu dan sosial yang harus dilatih terlebih dahulu untuk bisa membaur dala suatu masyrakat luas.dan semua itu berawal dari suatu keluarga terlebih daluhulu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar